Nielsen adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang informasi global serta media dan berfokus pada suatu penelitian dan melakukan suatu
riset dalam memberikan suatu informasi tentang
pemasaran dan
konsumen,
televisi,
serta melakukan riset terhadap media yang lainnya, seperti riset
terhadap bisnis publikasi, trade show dan riset terhadap dunia online.. Perusahaan Nielsen pun sering kita jumpai dalam melakukan riset terhadap media, terlebih masyarakat
Indonesia cenderung mengakses
internet dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nielsen pun merupakan suatu perusahaan yang selalu dikaitkan dan bergerak dibidang
Ilmu komunikasi, seperti dunia
pemasaran dan periklanan, komunikasi media,
jurnalistik hingga hubungan masyarakat (
Public Relations). Nielsen pun memberikan suatu riset tentang gambaran konsistensi konsumen, sehingga produsen
dapat memahami psikologis, sosiologis dan selera konsumen. Seiring
berkembangnya Nielsen, Nielsen pun terbagi menjadi tiga bagian, yaitu
Nielsen Consumer Research (NCR), Nielsen Media Research(NMR)dan Nielsen
Retail Measurement Service (NRMS).
Bagian
1. Nielsen Consumer Research (NCR)
Bagian yang memiliki fungsi melakukan riset terhadap
konsumen, dengan tujuan mengetahui konsistensi dan pola pikir
masyarakat dalam memandang suatu hal. Seorang
produsen pasti menginginkan
masyarakat menggunakan produknya. Disamping itu
produsen pun harus mengetahui selera
konsumen, sehingga produknya pun laku di pasaran. Nielsen Consumer research pun juga memberikan suatu inovasi dalam hal
pemasaran dan
periklanan. Dalam dunia
perdagangan,
pemasaran merupakan suatu hal penting bagi
produsen. Fakta membuktikan banyak
konsumen yang berminat membeli suatu barang karena
teknik pemasaran dan
iklan berkesan dibenak
masyarakat. Nielsen pun mencoba memberi suatu kajian dalam hal bagaimana kita melakukan teknik pemasaran yang berkesan dan tepat sasaran.
2. Nielsen Media Research (NMR)
Nielsen media Research merupakan bagian dari Nielsen yang melakukan kajian dan riset terhadap
media. Dalam
industri media diperlukan pula suatu riset tentang penilaian terhadap suatu
media oleh
masyarakat luas. Kita sering menemukan suatu ketidakpuasan
masyarakat
terhadap media. Hal ini membuat Nielsen membuat riset terhadap media,
sehingga media pun dapat mengikuti selera masyarakat.Nielson pun juga
melakukan riset terhadap dampak sosial yang disebabkan oleh pengaruh
media.lembaga
survei dunia Nielsen ini pun pernah mengatakan peran televisi sebagai
"pengasuh elektronik" itu telah tergantikan oleh komputer tablet
[3]
3. Nielsen Retail Measurement Services (NRMS)
Merupakan bagian dari Nielsen yang melakukan pelayanan terhadap
ukuran riset yang dikeluarkan. Dalam hal ini Nielsen memberikan suatu
masukan berupa inovasi terhadap klien. Klien bekerja dengan layanan kami
untuk: 1. Mengukur kinerja
pasar mereka 2. Menganalisis dinamika
pasar 3. Mendiagnosis dan memecahkan masalah
pemasaran dan
penjualan, dan 4. Mengidentifikasi dan menangkap peluang pertumbuhan
Produk
Nielsen pasar banyak produk
informasi, bersama dengan layanan dan alat-alat yang membantu klien menggunakan
informasi dengan benar untuk mengatasi masalah-masalah
bisnis yang spesifik.
Pengukuran ritel
Layanan Pengukuran Ritel dalam Nielson (RMS) menyediakan pengamatan terus menerus dari suatu penjualan
produk kepada
konsumen atau
masyarakat. Informasi RMS ini tersedia di lebih dari 80 negara. Sangatlah berguna dalam mengamati
pasar dunia.
Konsumen panel
dalam hal ini, Nielson memberikan suatu gambaran tentang perilaku
konsumen dan selera
konsumen secara berkala, sehingga klien tahu apa yang dibutuhkan masyarakat luas.
Ruang
Niesen bekerja dengan
pengecer dan
produsen
di seluruh dunia untuk memberikan dorongan untuk berbisnis, mudah
menerapkan solusi untuk menumbuhkan kembali investasi mereka yang
terukur dalam mengelola berbagai kegiatan
ekonomi seperti yang terdapat pada
toko dan di
pasar. Nielsen membantu klien dengan membuat keputusan kunci dalam isu-isu seperti pertumbuhan
ekonomi dan persaingan
pasar global
Penelitian konsumen
layanan riset
konsumen yang dilakukan Nielson membantu klien memperoleh langkah-langkah
kualitatif dan
kuantitatif dari sikap
konsumen dan perilaku
pembelian, kepuasan pelanggan, kesadaran merek dan ekuitas, efektivitas
periklanan dan masalah
pemasaran
lainnya.Nielsen pun seing melakukan riset tersebut. sepertiHasil
pengukuran penjualan retail dan perilaku pembelian rumah tangga the
Nielsen Company
Indonesia menunjukkan bahwa peningkatan
Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita ke angka US$3.015 pada 2010 telah berdampak nyata terhadap peningkatan belanja
konsumen.
Pengecer
Dimana klien berhak meminta suatu pelayanan yang sifatnya eceran terhadap Nielsen
Pemodelan
Nielson membantu menangani masalah internal klien dalam melakukan
pemasaran, dari harga barang hingga
modal yang harus dikeluarkan,sehingga para klien kami dapat menganalisa dan memahami peta persaingan
pemasaran
publik. selain itu Nielson seperti melakukan suatu simulasi atau model
untuk menggambarkan sesuatu.contohnya, Nielson pernah melakukan suatu
penelitian berupa simulasi atau prediksi selama bulan puasa dan lebaran
masyarakat cenderung menghabiskan waktunya dengan belanja di pasar
modern seperti supermarket, hypermarket dan minimarket.
Pendukung keputusan
Nielsen memfasilitasi klien dengan beraneka macam
software
dan metode pemublikasian yang dirancang untuk menempatkan informasi
yang sesuai dengan keadaan dan mencoba membuat keputusan ketika klien
membutuhkannya. Nielson menggunakan suatu teknologi yang canggih dalam
analisa dan data
manajemen
sistem untuk produsen untuk membuat suatu laporan yang akurat dalam hal
memberi informasi yang dapat menjadi rujukan dalam membuat keputusan.
Layanan global
nielson memberikan suatu
pelayanan antar negara dan terdapat dibeberapa titik penjuru dunia, hal ini disebabkan adanya
globalisasi yang menumbuhkan hasrat kerja sama antar
perusahaan. Terlebih di era
globalisasi ini masyarakat dunia cenderung memiliki hasrat bekerja sama tanpa ada
batas teritorial.Kepercayaan
konsumen telah mendorong reli pasar dunia, mengangkat keuntungan
perusahaan, menggulingkan rezim politik, bank yang ditutup dan protes
berbahan bakar. Sekarang,
Konsumen dunia membentuk kembali ekonomi global, memindahkan pusat gravitasi
konsumen lebih ke timur ke arah selatan menuju
Asia dan
Amerika Latin.
No comments:
Post a Comment