Tuesday, February 24, 2015

50 Fakta Unik Tentang Singapura

singapura-semestafakta
Singapura memang salah satu dari negara maju, negara ini bertetangga dengan Indonesia ternyata banyak menyimpan fakta yang cukup menarik. mari kita simak fakta dibawah ini :)
1. Singapura hanya terdiri dari satu pulau utama dan 63 pulau kecil lainnya. Kebanyakan pulau tersebut tidak berpenghuni.
2. Singapura adalah diantara 20 negara yang terkecil di dunia, dengan total area hanya 682,7 kilometer persegi. Amerika 15.000 kali lebih besar dari Singapura.
3. Singapura adalah termasuk negara yang berpenduduk padat di dunia, dengan jumlah penduduk 6.430 jiwa per kilometer persegi.
4. Singapura menjadi anggota PBB ke-117 pada tanggal 21 September 1965.
5. Simbol bendera nasional Singapura adalah merah yang menyimbulkan persaudaraan dan persamaan diantara manusia yang universal; putih menyimbulkan ketulusan dan nilai. Bulan sabit menunjukkan negara muda yang sedang tumbuh dan bintang lima menunjukkan tujuan demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan, dan persamaan.
6. Singapura adalah kota dengan banyak taman dan kebun yang hijau di mana-mana. Singapura merupakan “kota di dalam kebun/taman” dan juga sangat bersih.
7. Singapura berubah dari negara dunia ketiga dengan tanah berpaya-paya menjadi kota modern kelas atas hanya dalam waktu limapuluh tahun. Singapura menjadi pusat perusahaan-perusahaan besar, teknologi tinggi, fasilitas medis, dan sebagainya.
8. Bunga nasional Singapura adalah  Vanda Miss Joaquim, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1893 oleh Agnes Joaquim, seorang Armenia. Bunga anggrek tersebut merupakan persilangan alami antara V. teres dengan V. hookeriana.
singapura1-semestafakta
9. Merlion, seekor ikan berkepala singa adalah simbol kebanggan Singapura. “Singa” melambangkan hewan yang disembelih ratu Sumatra yang menyerupai singa, dan ikan adalah penghormatan terhadap sejarah Singapura sebagai “Temasek”, kota laut tua.
singapura2-semestafakta
10. Singlish, sebuah bahasa Inggris campuran logat daerah dengan logat Cina, Melayu dan bahkan Tamil, mempunyai dua kata – lah dan sinseh – dalam versi online Oxford English Dictionary.
11. Meski bahasa Inggris menjadi bahasa resmi dalam dunia kerja dan hampir digunakan secara luas di Singapura, tetapi lagu kebangsaan Singapura, “Majulah Singapura”, adalah menggunakan bahasa Melayu.
12. Tempat Flying fox dan kelelawar terbesar di dunia dengan sayapnya mencapai 1,5 meter bisa ditemui di Pulau Ubin, salah satu pulau utama Singapura.
singapura3-semestafakta
13. Singapura adalah sebagai tempat persinggahan ribuan burung yang migrasi yang terbang melintasi Asia Timur.
14. Kebun binatang malam hari pertama di dunia adalah The Night Safari yang berlokasi di Singapura.
singapura5-semestafaktasingapura4-semestafakta
15. Meski menjadi kota yang besar, Singapura adalah eksportir ikan hias terbesar (25% dari pasar dunia).
16. Bukit Timah Nature Reserve di Singapura terdiri dari banyak spesies tumbuhan dibandingkan yang ada di semua benua Amerika bagian utara.
singapura6-semestafaktasingapura7-semestafaktasingapura8-semestafakta
17. Titik tertinggi di Singapura adalah di Bukit Timah Hill, yang tingginya hanya 164 meter (Singapura banyak mempunyai tanah datar).
18. Bangunan di Singapura tidak boleh melebihi ketinggian 280 meter. Di sana sekarang ada tiga bangunan yang tinggi, yaitu OUB Centre, UOB Plaza, dan Republic Plaza.
19. Air terjun buatan manusia tertinggi di dunia, setinggi 30 meter, berlokasi di Jurong BirdPark.
singapura9-semestafaktasingapura10-semestafakta
20. Air mancur terbesar di dunia berlokasi di Sungapura yaitu di Suntec City. Terbuat dari cetakan perunggu yang menghabiskan dana sebesar US$6 juta yang dibangun pada tahun 1997.
singapura11-semestafakta
21. Bangunan Suntec City dibangun menyerupai bentuk pohon palem yang menyimbulkan “feng shui” yang bagus.
22. Pada tahun 2003, airport Changi memenangkan award sebagai “Airport Terbaik Dunia” selama 16 kali berturut-turut dari majalah bisnis Business Travel Inggris/Eropa.
singapura12-semestafakta
23. Guiness Book Record mencatat rangkaian kartu domino manusia terpanjang di Singapura pada tanggal 30 September 2000 yang tersusun dari 9,234 pelajar dan panjangnya mencapai 4,2 km.
24. Rekor merobohkan kartu domino tingkat dunia diraihkan oleh gadis China berusia 24 tahun di Singapura pada tanggal 18 Agustus 2003.
25. Rekor  untuk permainan parcel terbesar dipegang Singapura pada tanggal 28 Februari 1998 yang melibatkan 3.918 siswa dengan membuka bungkus 1,5 x 1,5 x 0,5 m parsel.
26. Rekor untuk sejumlah orang yang berpartisipasi dalam joget tali diraih Singapura pada bulan Mei 2002 yang melibatkan 1.967 orang.
27. Great Singapore Duck Race (Balapan Bebek), yaitu even tahunan untuk pengumpulan dana amal, diraih Singapura pada tahun 2002 yang melibatkan 123.000 mainan bebek di sungai Singapura.
singapura13-semestafakta
28. Russel Lee, sebuah nama samaran untuk tim penulis hantu, adalah penulis lokal yang laris tulisannya di Singapura. 11 jilid bukunya berjudul  True Singapore Ghost Stories terjual lebih dari 600.000 eksemplar.
singapura14-semestafakta
29. Penjualan buku yang paling cepat di Singapura adalah buku berjudul  Hello Chok Tong, Goodbye Kuan Yew: The Untold Story yang ditulis dan digambar oleh kartunis politik, George Nonis dan terjual 40.000 kopi dalam dua bulan.
singapura15-semestafakta
30. Film dengan rating tertinggi penghasilannya di Singapura adalah Titanic, yang meraup S$6,65 juta pada tahun 1997.
31. Film lokal dengan penghasilan tertinggi di Singapura adalah Money No Enough, yang meraup keuntungan S$6,02 juta pada tahun 1998.
32. Film produk Singapura pertama ditayangkan di Cannes Film Festival adalah film arahan Eric Khoo yang berjudul 12 Storeys pada tahun 1997.
33. Pianis Inggris, Vanessa Mae Nicholson adalah kelahiran Singapura dan pindah ke Inggris ketika berusia empat tahun.
singapura16-semestafakta
34. Kebanyakan orang Singapura adalah lahir pada bulan Oktober daripada pada bulan lainnya.
35. Homoseksual adalah perbuatan ilegal di Singapura.
36. Sensus penduduk pertama dilakukan pada tahun 1824 yang mencatat penduduk Singapura adalah 10.683. Sensus tahun 2000 memperlihatkan Singapura berpenduduk 4,2 juta jiwa.
37. Hampir 9 dari 10 orang Singapura tinggal di rumah apartemen umum.
38. Nama Cina yang paling banyak di Singapura adalah Tan, Lim, dan Lee.
39. Singapura mempunyai lebih dari 3000 km jalan raya.
40. 8 dari 10 orang Singapura adalah memiliki handphone. Perusahaan telepon mencatat 30.000 sampai 40.000 nomor baru setiap bulannya.
41. Penampilan terbaik Singapura dalam Olimpiade adalah pernah meraih medali perak oleh atlet Tan Howe Liang di Roma pada tahun 1960.
42. Perenang Ang Peng Siong meraih peringkat pertama dunia dalam gaya bebas 50 m pada tahun 1982.
43. Singapura melarang mengkonsumsi dan menjual permen karet.
44. Rokok dilarang di ruang publik.
45. Dianggap perbuatan melanggar hukum bagi seseorang yang tidak menyiram toilet setelah menggunakannya.
46. Pornografi dilarang di Singapura bahkan telanjang di sekitar rumah sendiri adalah dilarang.
47. Menurut penelitian CNN yang dilakukan pada tahun 2007 pada 32 negara, memperlihatkan bahwa orang Singapura menduduki peringkat pertama sebagai orang yang sangat cepat dalam berjalan kaki, disusul kemudian oleh Denmark, Spanyol, China, dan Irlandia.
48. Ada istilah-istilah kedokteran yang menggunakan istilah “Singapura”: (1) “Singapore Flap”, yaitu prosedur medis pertama untuk membuat vagina bagi pasien yang tidak bisa melahirkan dalam satu kali proses kelahiran. Pertama kali dilakukan di Rumah Sakit Umum Singapura pada tahun 1991; (2) “Singapore Foot”, yaitu kondisi kulit yang disebut Tinea pedis, atau kaki atlet yang disebabkan oleh jamur diantara jari kaki yang menyebabkan kulit kaki menjadi kering, radang, gatal-gatal, dan melepuh; (3) “Singapore Ear”, yaitu infeksi pendengaran medis yang dikenal dengan Otitis Externa.
49. Jika kamu dihukum karena membuang sampah tiga kali, maka hukumannya adalah membersihkan jalan raya pada hari Minggu sambil menjerit-jerit mengatakan “Saya seorang pengotor”, kemudian akan dimuat di berita lokal.
50. Dianggap melanggar peraturan kalau kamu memasuki Singapura dengan membawa rokok.

No comments:

Post a Comment